Minggu, 29 November 2009

PLUS MINUS UJIAN NASIONAL DARI KACAMATA SISWA

Ujian Nasional. Bisa dibilang setiap siswa akan mengalami perasaan campur aduk saat mendengar kata-kata tersebut. Perasaan takut, stress, tegang dan sebagainya. Saat ini hasil dari Ujian Nasional adalah satu hal yang menentukan kelulusan seorang siswa selama 6 tahun di Sekolah Dasar (SD) atau 3 tahun di SMP atau 3 tahun selama di SMA. Hasil Ujian Nasional juga yang digunakan untuk mendaftar ke jenjang berikutnya. Untuk saat ini pelajaran yang di UN-kan adalah IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Menurut saya sendiri sebenarnya UN itu penting untung mengetahui nilai pelajar di Indonesia secara keseluruhan. Dan bagi saya sah2 saja apabila pemerintah memutuskan kebijakan tersebut. Tetapi, apakah kemampuan seorang pelajar hanya dinilai dari 4 pelajaran tersebut? Kan kemampuan pelajar itu berbeda2. Mungkin dia tidak pintar di IPA tapi dia memiliki kemampuan yang baik dalam pelajaran IPS. Tapi bukan berarti saya menginginkan UN untuk semua pelajaran. Tetapi mungkin tidak hanya 4 pelajaran yang ditentukan pemerintah saja untuk menentuk seorang pelajar itu lulus atau tidak, tapi dengan perhitungan pelajaran UAS di sekolah juga.

Nilai plus dari ujian nasional (UN) adalah memberikan motivasi kepada para pelajar untuk mencapai hasil yang maksimal. Seorang siswa pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil ujian nasional yang maksimal juga. Biasanya, pelajar akan menambah kegiatan belajarnya diluar sekolah. Sekolah pun juga akan memberikan belajar tambahan, mendalami mata pelajaran yang di UN kan. Contohnya, seperti di labschool ada pendalaman materi (PM). Nah, dari situ juga bisa menimbulkan dampak negative bagi pelajar sendiri. Seperti kelelahan, karena dari pagi seorang siswa harus sekolah lalu pulang sekolah harus mengikuti kegiatan tambahn seperti les, bahkan mungkin ada yang sampai larut malam, setelah sampai rumah mereka harus menyiapkan untuk sekolah esok harinya. Dan mungkin ada banyak lagi keluhan-keluhan siswa lainnya. Seperti halnya saya, saya sendiri sering merasa mengantuk di sekolah karena setiap hari harus pulan malam dan setelah itu harus mengerjakan tugas dari guru-guru yang semakin hari semakin banyak dan semakin sulit.

Tidak ada komentar: